Minggu, 24 Mei 2015

Pengertian Belajar, Hasil Belajar, dan Aktivitas Belajar

1. Pengertian Belajar

Belajar didefenisikan sebagai perubahan perilaku yang diakibatkan oleh adanya pengalaman. Pengalaman dalam hal ini berarti sesuatu kegiatan yang pernah dilakukan seperti membaca, mangamati, mendengarkan, meniru atau juga sesuatu yang pernah dialaminya. Menurut Slameto (2003 : 2) , ”belajar ialah suatu proses usaha yang dilakukan seseorang untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku yang baru secara keseluruhan, sebagai hasil pengalamannya sendiri dalam interaksi dengan lingkungannya”.

Selain dari hal tersebut masih banyak defenisi belajar yang diungkapkan oleh para ahli. Tapi konsep utama dari yang mereka sebutkan pada dasarnya adalah sama, yaitu bahwa belajar adalah sesuatu yang dilakukan untuk mendapatkan pengetahuan, penemuan konsep, dan keterampilan serta pembentukan sikap.

Di dalam belajar banyak faktor yang mempengaruhi antara lain faktor psikologis seperti motivasi, intelegensi, minat, kebiasaan, sikap, perhatian, emosi, fantasi berpikir, bakat. Sedangkan menurut Slameto (2003 : 76), hal lain yang mempengaruhi hasil belajar yaitu strategi belajar.


Hal-hal tersebut akan mempengaruhi kemampuan siswa dalam memahami konsep dan menggunakannya dalam menyelesaikan masalah dan mendorong siswa untuk berusaha memperoleh pengetahuan tak terbatas.


2. Pengertian Hasil Belajar

Dimyati dan Mudjiono (2002 : 250), memandang hasil belajar sebagai suatu puncak proses belajar. Dengan berakhirnya suatu proses belajar, maka siswa memperoleh suatu hasil belajar. Ahmadi (2004 : 130) menyatakan bahwa, ”jika seseorang belajar sesuatu, sebagai hasilnya ia akan mengalami perubahan tingkah laku secara menyeluruh dalam sikap kebiasaan, keterampilan, pengetahuan, dan sebagainya”.

Dalam Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Pasal 3, tujuan pendidikan nasional adalah mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.

Hasil belajar siswa dapat diketahui bila dilakukan pengukuran penguasaan materi pada pelajaran tertentu dengan menggunakan suatu alat. Alat yang digunakan dapat berupa tes. Tes adalah suatu alat dalam pendidikan yang menggunakan sejumlah pertanyaan-pertanyaan untuk mengukur hasil belajar. jadi, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar adalah hasil penilaian yang diberikan oleh guru kepada siswa dalam belajar tentang perkembangan dan kemajuan siswa di sekolah yang berkenaan dengan penugasan bahan pelajaran (Amalia, 2007 : 7).


3. Pengertian Aktivitas Belajar

Dalam kegiatan belajar di kelas sangat diperlukan aktivtas siswa dalam menunjang hasil belajar yang maksimal. Aktivitas belajar merupakan kegiatan atau perilaku yang kreatif dalam belajar. Menurut Paul B. Diedrich dalam Sardiman (2003 : 101) mengelompokkan jenis-jenis aktivitas belajar sebagai berikut: 1. Visual activities, misalnya : membaca, memperhatikan gambar demonstrasi, percobaan, pekerjaan orang lain; 2. Oral activities, misalnya : menyatakan, merumuskan, bertanya, memberi saran, mengeluarkan pendapat, mengadakan wawancara, diskusi, interupsi; 3. Listening activities, misalnya : menengarkan uraian, percakapan, diskusi, musik, pidato; 4. Writing activities, misalnya : menulis cerita, laporan, menyalin; 5. Drawing activities, misalnya : menggambar grafik, peta, diagram; 6. Motor activities, misalnya : melakukan percobaan, model mereperasi; 7. Mental activities, misalnya : mengingat, memecahkan masalah, menganalisis, mengambil keputusan; 8. Emotional activities, misalnya : menaruh minat, gembira, bosan.

Dengan pengklasifikasian aktivitas menunjukkan bahwa aktivitas belajar itu cukup kompleks dan bervariasi.


Daftar Pustaka

Amalia, R., (2007), Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching sebagai Upaya Menuntaskan Kompetensi pada Materi Pokok Pengukuran di Kelas VII MTs Negeri 3 Medan Tahun Ajaran 2007/2008, Skripsi, FMIPA Unimed, Medan

Ahmadi, A,. Supriyono, W., (2004), Psikologi Belajar, Penerbit Rineka Cipta, Jakarta

Dimyati dan Mudjiono, (2002), Belajar dan Pembelajaran, Penerbit Rineka Cipta, Jakarta

Sardiman, (2003), Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Penerbit Raja Grafindo Persada, Jakarta


Slameto, (2003), Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya, Penerbit Rineka Cipta, Jakarta

Tidak ada komentar:

Posting Komentar