Sabtu, 03 September 2016

Edit Data NISN - Vervalpd - Verifikasi dan Validasi Peserta Didik - Verval NISN

Verval pd adalah kepanjangan dari VERVAL PESERTA DIDIK.
Apa yang di verval?
Yang diverval adalah NISN.
Jadi, NISN siswa yang tidak valid, tidak ditemukan, atau ganda, di bereskan melalui verval pd ini.
Dan, di verval pd ini juga bisa mengedit nama dan tanggal lahir siswa kalau salah di pendataan NISN-nya. 


Saya sendiri, khusus untuk kelas tinggi, begitu awal ajaran baru, sudah ngutik-ngutik situs verval pd ini.
Memang kalau untuk memverval situs ini punya jadwal online dan offline, tapi untuk sekedar mengedit data, bisa kapan saja.
Jadi, yang saya kerjakan tiap tahun ajaran baru adalah mengedit nama atau tangal lahir siswa yang salah.
Apa penting?

Penting sih ya kalau menurut saya, karena setiap kelulusan saya sertakan print-an NISN siswa dari http://nisn.data.kemdikbud.go.id
Karena, sekolah-sekolah lanjutannya kebanyakan minta, “minta NISN yang valid”, sementara yang di kartu NISN yang dibagi saat SD ada yang sudah tidak valid lagi.
Nah, kalau saya print lembar NISN dari website, dan ada nama atau tanggal lahir yang salah, siswa atau orangtua siswa pada protes, dan ada juga sekolah lanjutannya yang cerewet karena data salah.
Jadi saya mengantisipasi saja dari awal untuk mengedit nama dan tanggal lahir yang salah. Dan karena saya juga merasa ini adalah tugas saya untuk mengeditnya.

Cara mengedit data siswa seperti berikut :

Masuk ke Website


Login
minta username dan password dari tingkat 2 (operator kabupaten/kota)

Edit Data
1. Klik Edit Data
2. Pilih Pengajuan
3. Pilih NISN (kalau mau edit NISN) atau Nama&Tanggal Lahir (kalau mau edit Nama dan tanggal lahir)


Contoh, kita Edit Nama & Tanggal Lahir
1. Pilih nama sekolah
cari-cari dan klik

2. Setelah memilih nama sekolah, klik Pilih Siswa

3. Pilih nama siswa yang mau diedit, cari-cari dan klik.
Lalu Klik OK

4. Isi data Siswa

1. Nama Baru wajib diisi, apakah mau diganti atau tidak.
jika mau diganti, isi dengan nama yang baru,
jika tidak mau diganti tetap isi dengan nama siswa tersebut.

2. Tanggal Lahir Baru wajib diisi, apakah mau diganti atau tidak.
jika mau diganti, isi dengan tanggal lahir yang baru,
jika tidak mau diganti tetap isi dengan tanggal lahir siswa tersebut.

3. Upload foto dokumen
Dokumen yang saya gunakan adalah ijazah SD.
Boleh juga menggunakan Akta Kelahiran.
Ukuran file maksimal 1 MB, jenis file jpeg/png. 

Terakhir klik tombol Pengajuan Perubahan.

Tunggu hasil persetujuan. Saya tidak bisa pastikan berapa lama, kadang bisa cepat, kadang bisa lama.

Status persetujuan ajuan pengubahan data ini bisa di cek di  


Untuk mengajukan perubahan NISN, caranya sama seperti di atas.



= thanks for reading, [Nit's] =

Tidak ada komentar:

Posting Komentar