Sabtu, 01 Oktober 2016

[NIT’s] Review Membayar Pajak Kendaraan di SAMSAT Putri Hijau Medan


Beberapa hari lalu, saya dimintai tolong oleh kekasih hati untuk bayar pajak sepeda motornya karena udah telat dan dia lagi sakit.

source : http://seendong.blogspot.co.id

Jadi, pergilah saya ke SAMSAT Corner yang dekat dari rumah. Tiba di sana, langsung ke bagian pendaftaran, dan saya DITOLAK……….  T_T

Saya ditolak karena menguasakan pembayaran pajak karena di SAMSAT Corner tidak boleh bayar pajak dikuasakan, harus pemilik langsung.

Terus saya disuruh bayar di SAMSAT Putri Hijau.

Dua hari berikutnya, tepatnya hari Jum’at, saya sampai di SAMSAT Putri Hijau pukul 2 siang.
Baru masuk, eh……….. Bagian pendaftarannya udah tutup.
Huff…..
Disuruh balik lagi Sabtu pagi.

Sabtu pagi datang lagi, langsung menuju ruangan.
Eits…..
PERTAMA
Sebelum masuk, di pintu kita diminta meninggalkan tanda pengenal kita seperti SIM atau NPWP atau Kartu BPJS. Terus nanti dikasi bet yang tertulis PEMILIK LANGSUNG atau KUASA KELUARGA.

KTP tidak di tahan, karena nanti di dalam kita harus mencopy atau menyertakan KTP Asli.
Saya gak tau deh ya, gimana kalo semisalnya itu orang yang berurusan gak punya ketiga kartu tersebut, kan bisa aja. Ada kok orang yang gak punya kartu NPWP, SIM, maupun BPJS. Tapi dia harus ada urusan ke SAMSAT yang di Putri Hijau. Kalau dipikir-pikir sih gak usah dipikirin lah ya… biar aja itu orang yang mikirin. Wkwkwk…..

===========================
KEDUA
Begitu masuk, ruangannya adem karena berAC :D
Langsung ke meja resepsionis.
Saya gak tau ini meja apa namanya, tapi kalo di kantor atau hotel gitu ini kayak meja resepsionis gitu.
Langsung aja bilang :
Saya : mau bayar pajak
Petugas  : milik sendiri apa kuasa?
Saya : kuasa
Petugas  : bawa surat kuasanya?
Saya : bawa

Serahkan STNK yang 2 lembar itu (ingat, keluarkan dari plastiknya ya) dan surat kuasa.
Selanjutnya petugas akan memberikan selembar form isian, yang saya gak tau itu formulir apa, karena yang ngisi HARUS PETUGAS.

===========================
KETIGA
Menuju petugas yang ditugasi ngisi formulir.
Petugas yang saya jumpai abang-abang, cihuuyyy….
Serahkan berkas-berkasnya ke si abang petugas.
Terus dia suruh saya ngopy KTP saya (penerima kuasa) 1 lembar, KTP Pemberi kuasa 1 lembar, STNK 1 lembar, dan beli map kuning yang ada stempel khusus 1 buah.

Selesai ngopy, balik lagi ke si abang petugas. Dihekter dan disusun sama si Abang Petugas.
Habis itu dia ngasi tau kita harus ke loket mana-mana aja, dan sempet ngajarin juga, kalau ditanya bilang aja “punya suami” padahal kagak :D

NOTE : inget…. Wajib bin harus diisi dan disusun oleh petugas ya…… jadi gak usah repot-repot bawa pulpen dari rumah :D

Sebelumnya, saya udah dikasi wejangan sama bunda dari rumah, kemaren dia urus ganti plat, petugas tukang tulisnya dikasinya 5 ribu atau 10 ribu gitu, jadi saya pun wanti-wanti lah nyiapin 10ribu buat si abang petugas.
Eh…. Rupanya si abang petugas kayaknya ngerti deh saya mau ngasi, jadi begitu dia selesai nyusun-nyusun berkas dan ngasi tau saya harus ke loket mana-mana aja dia langsung balik badan dan ngacir sehingga saya gak sempet ngasi itu duit.
Senengnya dapet abang petugas yang baik hati tidak doyan pungli…. Terimakasih abang… :D

===========================
KEEMPAT
Menuju LOKET KHUSUS.
Gak tau berkasnya diapain disini. Pokoknya ke sini aja, serahkan berkas, nanti ditanya menguasakan punya siapa.

Inget :
Letakkan berkas di atas map.
Kalo gak, petugasnya gak mau ngambil.
Soalnya saya begitu, berkas saya masukkan map dan letakkan di loket, eh… gak mau diambil, petugasnya ngambil yang berkasnya di atas map. Begitu saya pindahin berkasnya ke atas map, langsung di ambil.


===========================
KELIMA
Menuju LOKET PENDAFTARAN.
Serahkan bekas.
Duduk aja di kursi yang disediakan, dan tunggu.
Nanti namanya dipanggil. (nama pemilik STNK).
Di sini ada 2 tempat antrian, bagian PEMILIK LANGSUNG dan bagian KUASA KELUARGA.
Kalau Pemilik Langsung, pergilah ke antrian Pemilik Langsung.
Kalau Kuasa, pergilah ke antrian Kuasa Keluarga.

===========================
KEENAM
Menuju LOKET KASIR.
Setelah nama dipanggil, nanti dikasi selembar kayak kwitansi gitu yang ada jumlah uangnya, langsung ke Kasir, dan bayar.
Bayar sesuai dengan yang tertera, tidak ada biaya tambahan.
Selesai bayar, duduk aja lagi di kursi yang disediakan, dan tunggu.
Nanti namanya dipanggil, (nama pemilik STNK), untuk menyerahkan ke kita STNK yang 2 lembar.


Dan……

SELESAI

Pulang….
Keluar dari pintu keluar di bagian belakang kantor, balikkan bet ke petugas, ambil SIM atau tanda pengenal lainnya yang kita tinggalkan di pintu depan/masuk.

Jangan lupa bayar parkir….


=============================
FOR YOUR INFORMATION :

1. SAMSAT : Sistem Adminitrasi Manunggal Satu Atap

2. Jadwal Buka SAMSAT Putri Hijau
- Senin s/d Kamis : Pukul 08.00 – 16.00
- Jum’at s/d Sabtu : Pukul 08.00 – 14.00

3. Mau Bayar Pajak Kendaraan siapkan
D U I T
Apa-apa aja yang perlu difotocopy nanti dikasi tau oleh petugas.
-   Harga fotocopy 2 lembar Rp. 500
-   Harga Map yang ada stempel khusus 1 buah Rp. 3000


4. Berkas yang perlu dibawa saat ke SAMSAT
a. bayar pajak kendaraan :
- KTP Pemiliki
- KTP Penerima Kuasa (jika dikuasakan)
- STNK yang 2 lembar, ASLI
b. ganti plat kendaraan :
- KTP Pemiliki
- KTP Penerima Kuasa (jika dikuasakan)
- STNK yang 2 lembar, ASLI
- Buku Hitam BPKB
- Kendaraan yang mau diganti plat harus dibawa

5. Menurut saya, tempat yang rawan terjadi pungli adalah di corner (hasil renungan dan baca-baca di gugel)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar