Kamis, 26 Januari 2017

[NIT's] Hal yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Membeli Ponsel Baru ala NIT's

Sekarang ini punya hp lebih dari satu udah biasa ya kan....
Ada yang punya 1 smartphone 1 hp biasa.
Ada yang punya 1 Andoid 1 Blackberry.
Ada yang punya Android sampe 2 - 3 biji.
Bahkan sepupu saya ada yang punya 3 hp biasa dan 2 hp andoid 😑😑😑 Amazing kan ni orang...



Yah... di jaman sekarang ini sih punya beberapa hp udah biasa kita lihat.
Emak saya aje punya hp 2, yang 1 android 1 hp biasa.
Tujuan emak saya pengen punya android biar gak kalah sama temennya bisa poto-poto, angek* katanya lihat temannya bisa poto-poto, selpi-selpi, padahal punya duit dia buat beli 😀 
Padahal androidnya cuma dipake buat gugel aja.
Buat lihat-lihat foto tas tapi bukan buat beli online melainkan buat referensi buat beli di mol.
Buat lihat foto-foto gorden (gordyn), dan lain-lain.
Terus buat baca berita.
(angek bahasa medan artinya cemburu).

Nah... Tapi buat yang mau beli hp/smartphone baru, pastinya perlu dong mempertimbangkan ini dan itu. 


1. BUDGET
Menurut saya sebelum kemana-mana, memperhitungkan budget itu harus yang nomor satu dipertimbangkan, karena KALO BANYAK DUIT MAH BEBAS...
Lah... yang duitnya terbatas kayak saya, tentunya harus menyesuaikan dengan kondisi dompet. Jangan sampe kalap beli hp sampai 7 juta habis itu gak punya tabungan.


Jadi, tentukan dulu budgetnya. Berapa juta yang mau kita budget-kan untuk beli hp. Habis itu baru mulai cari-cari di gugel hp apa aja yang sesuai dengan budget kita.

Menentukan budget juga bermanfaat untuk memfilter kita dalam mencari review hp.
Jadi, kita gak perlu menghabiskan waktu dan kuota untuk cari dan baca review hp yang beharga 7 juta kalau budget-nya cuma 1 juta.

Saya biasanya kalo ke toko beli hp atau leptop, langsung aja bilang sama yang jual "budgetnya sekian". Jadi saya akan diarahkan penjual ke produk yang sesuai dengan budget.


2. TENTUKAN MAU BELI UNTUK APA
Nah kalau beli hp dengan budget pas-pas-an, hp yang akan kita dapatkan tentunya punya kelebihan di satu fitur dan kekurangan di fitur lainnya.
Kayaknya gak ada deh hp murah tapi fiturnya lengkap dan canggih. Pasti ada yang kurang di salah satu fiturnya.

Jadi tentukan hp yang ingin kamu beli ingin digunakan untuk apa.


jika hp yang kamu beli nantinya digunakan untuk jualan online, pastinya yang perlu kamu butuhkan hp dengan jaringan yang bagus, kamera yang bagus untuk fotoin produkmu, memori yang besar untuk bisa menampung foto-foto produk juga aplikasi jualanmu.

Jika kamu doyan fotografi atau kena sindrom selfi-selfi, maka hp yang kamu beli harus memiliki kamera yang bagus. Bisa pilih jenis camera phone.

Jika kamu doyan ng-game, berarti harus pilih hp dengan memori/RAM yang besar dan layar yang besar, Prosessor dan VGA yang oke, serta baterai yang kapasitasnya besar. 

3. SPESIFIKASI HP/SMARTPHONE
Setelah menentukan "hp yang saya beli untuk apa", saatnya...
Tentukan ingin jaringan apa. Apakah 3G atau 4G.
Tentukan ingin RAM/ROM/Memori yang sebesar apa. 1/8 Gb atau 2/16 Gb atau 3/32 Gb.
Tentukan ingin kamera yang berapa pixel. 5 MP atau 8 MP atau lebih.
Tentukan ingin layar segede apa. 4 inch, 4.5 inch, 4.7 inch, 5 inch, 5.5 inch, atau yang lebih lebar lagi.
Tentukan ingin kapasitas baterai segede apa. 2000 MAH, 3000 MAH atau yang lebih besar lagi.
Dan fitur-fitur yang lain, seperti Prosessor, Desain, Sistem Operasi dan lain-lain.



Pastikan pilihanmu sesuai dengan kebutuhan. 

Kalau saya sih karena gak doyan foto-foto, gak doyan nge-game juga, beli hp cuma buat belanja dan jualan, terus buat hotspot ke komputer juga, jadi saya biasanya memfokuskan pilihan ke :
- Jaringan harus LTE 4G, anti lelet saya mah....
- Android tertinggi (kalau pun tidak tertinggi, maksimal turun 2 level di bawahnya)
- Memori/RAM yang besar, minimal 2/16 Gb
- Kapasitas baterai yang besar, biar gak bolak-balik ngecas.
- Besar hp bisa dikantongi. Jadi saya gak akan beli hp yang ukurannya lebih besar dari 5 inch.
- Gak mau yang hybrid.
- Gak mau yang slot-nya tertentu, seperti Lenovo, yang cuma SIM 1 aja yang bisa 4G, SIM 2 nya gak bisa. 


4. CARI REVIEW SEBELUM MEMBELI
Setiap beli apa saja, alangkah baiknya mencari review.
Selain review produk yang ingin dibeli, mencari tahu review toko juga perlu loh... Apalagi mau beli online.


Apalagi ingin beli hp yang harganya gak murah.
Penting mencari tahu tentang keunggulan dan kekurangan hp yang ingin dibeli.
Membaca review akan sangat membantu kita dalam menentukan pilihan yang sesuai dengan kebutuhan kita.


5. GARANSI 
Ntah kenapa, buat saya garansi itu penting.
Baik jenis garansi dan masa garansi.


Kata temen saya yang jaga toko hp, garansi juga menentukan kualitas, walau pun gak semua barang yang tanpa garansi produknya buruk.
Tapi saya juga yakin sih sama kata temen saya itu, soalnya tahun 2012 saya dan adik saya sama beli Blackbery Amstrong, bedanya punya saya garansi TAM dan adik saya punya garansi distributor, beberapa tahun kemudian ternyata lebih dulu punya adik saya rusak, dan 1 tahun kemudian baru deh punya saya rusak. 
Kalau dilihat dari segi pemakaian, sama aja sih, kita sama-sama megang hp hampir 18 jam, kecuali pas lagi tidur, dan hp stand by 24 jam gak pernah mati kecuali habis baterai total.

Jadi apakah memang garansi distributor itu barangnya kurang bagus?? gak tau juga... Tetap sih tergantung pemakaian.
Walau garansi nasional, kalau cara pakainya rusuh, yang tetep aja cepat rusak.

Jadi...
Kalau saya ini ya...
Saya punya hp 2, harus yang 1 garansi nasional, yang 1 lagi bebas 😀😀 mau garansi distributor, mau gak ada garansi juga gak apa.


6. MAU BELI DIMANA?? dan SEPERTI APA??
Nah...
Sekarang ini banyak pilihan buat kamu mau beli Hp.
Mau beli baru apa second?
Mau beli asli apa copy? (ini biasanya kalau beli iphone)
Mau beli di toko langsung apa online?
Kalau online, mau beli di Indonesia apa luar negeri?
Mau beli yang black market?



Ini penting ya....
dan bisa disesuaikan dengan budget juga.

1. hp baru tentunya masih fresh dan mulus daripada hp second. Jelas lah ya...

2. Mau beli iphone 6 tapi duitnya cuma 1 juta, dan merasa gengsi banget kalau gak punya, yah mungkin kamu bisa beli yang supercopy. Ada banyak yang jual kok.
Yang pastinya SUPERCOPY GAK SAMA DENGAN ASLINYA.
Yah.... jauh lah bedanya. Secara harganya aja beda jauh.

3. Beli di toko langsung atau online, ini tergantung tingkat kepercayaan dan ke-was-was-an kamu.
Yang pastinya kalau beli langsung bisa lihat langsung barangnya kayak apa, bisa tes langsung, terus kalau ada apa-apa sama hp yang dibeli komplainnya juga gampang tinggal datang ke toko.

Beda kalau beli online. Kebalikan dari beli langsung pastinya.
Kalau memilih membeli hp secara online harus merasa was-was. Banyak sekali kasus penipuan yang terjadi. 
Disarankan jika membeli secara online pastikan Seller terpercaya dan memiliki history yang baik.
Kembali ke point 4 di atas, sebelum beli online, cari dulu review tokonya ya...
Saya sih sudah 2 kali beli hp online.
Pertama, di Shopee, disini awal pertama beli hp online, cuma berani beli yang murah. Coba-coba waktu itu beli Hp MITO harganya cuma 95ribu dan gratis ongkir. Jadi waktu itu berpikir kalo emang na'as, semisal barangnya gak oke, ya udah, masih bisa ikhlas hilang 95ribu. Alhamdulillah, barangnya oke...
Kedua, langsung banting setir, sok-sok-an, langsung beli hp di aliexpress.com dikirim dari China dan harganya 1jutaan.
Takut sih... takut ini itu, tapi Alhamdulillah, barangnya sampai dengan selamat.
Nanti saya post cerita tentang belabeli hp ini di post berikutnya.

4. Sekarang banyak loh yang jual hp black market. Peminatnya juga banyak.
Jadi, setelah baca-baca sedikit di gugel, hp black market ini bukan hp baru yang diselundupkan pas masuknya ke Indonesia.
Tapi ini hp bekas juga. Hp bekas dari luar negeri yang dimasukkan ke Indonesia gak tau pake bea cukai apa gak.

Hp black market ini garansinya cuma 1 minggu, paling lama 2 bulan. Garansinya juga garansi toko. Yah artinya gak ada garansi. 

Dan, jangan kamu kira harganya murah ya...
Harganya cukup mahal menurut saya daripada hp baru dari merk lain.
Kalau harga baru 6 jutaan, mereka jual 3 jutaan.
Cukup mahal menurut saya yang cuma mampu beli 1 jutaan 😀😁😀😁 


7. SPAREPART MUDAH DIDAPAT
Ini antara penting sama gak penting. Tapi penting juga sih dipertimbangkan.
Jadi kalau hp kita rusak, sparepart-nya mudah ditemukan di Indonesia, dan kalau bisa sih harganya murah.
Jangan sampai ketika hp kita jatuh dan layarnya pecah sudah tidak bisa diganti lagi karena tidak ada sparepart penggantinya.



Selain itu, aksesoris juga kalau bisa ada dijual dimana-mana.


8. JANGAN TERBURU-BURU
Ini bukan beli baju yang harganya 50 ribu.
Ini beli barang yang harganya jutaan, pastinya kita harus membelanjakannya dengan hati-hati, kecuali kalau banyak duit ya...
KALO BANYAK DUIT MAH BEBAS...
Jadi, sebelum menentukan pilihan, pilah-pilah atau banding kan lagi antara 1 produk dengan produk lain. Karena type hp belakangan ini cepat sekali pergantiannya. Tau-tau udah ada aja type baru dengan spek yang lebih bagus tapi harga lebih murah.
Jadi... jangan keburu nafsu ya readers....


Nah...
sekian cerita hari ini...
tunggu carita NIT's selanjutnya ya...
😁😀😁😀








Tidak ada komentar:

Posting Komentar