Minggu, 14 Maret 2021

Cara Lapor SPT Tahunan dengan e-Form Versi Terbaru (e-Form PDF)

 Wajib Pajak yang mau lapor SPT menggunakan eFORM, nah sekarang ada e-Form PDF (Versi Baru).


e-Form PDF (Versi Baru) adalah Formulir SPT Elektronik versi terbaru dalam format dokumen portabel (PDF). Mudah pengisiannya tanpa terhubung ke internet. 


baca juga :

Cara Lapor SPT Tahunan menggunakan e-Filing file csv

Cara Lapor SPT Tahunan dengan e-Form (Versi Lama)


CARA LAPOR SPT DENGAN E-FORM PDF

Sebelumnya saya beritahukan bahwa laporan yang saya buat ini NIHIL ya laporannya...

Dan tutorial ini berdasarkan laporan yang saya buat, jangan disamakan dengan kondisi laporan bapak/ibu yaa....
.
.
.

Masuk ke website 
https://djponline.pajak.go.id/account/login


Lalu login




Setelah masuk ke halaman informasi, jika ada permintaan perbaruan profil, silahkan diperbarui terlebih dahulu.

Kemudian, Klik LAPOR




Klik 
e-Form PDF


di
e-Form PDF ada 3 menu yang perlu diperhatikan :

1. Arsip SPT

di dalamnya memuat riwayat laporan SPT dan Petunjuk Pengisian

2. Sebelum memulai lapor, pastikan di komputer/leptop kita sudah terinstall Adobe Acrobat Reader 

3. Setelah yakin dan berdoa, mari kita buat SPT



Klik BUAT SPT


1. Pilih Tahun Pajak yang mau dilaporkan

2. Status SPT Normal (karena baru mau buat)

3. Pilih metode pengiriman Token, boleh ke email atau nomor handphone

4. Klik kirim permintaan


Sampai muncul notifikasi seperti ini :


Klik TUTUP

kemudian cari file yang telah diunduh.

File dalam bentuk PDF.




Cek Token yang sudah dikirim ke email atau nomor handphone.



================

Buka file Pdf di Adobe Acrobat Reader

Ini bisa dikerjakan offline tanpa terhubung internet.


Lihat gambar




1. Pilih INDUK

2. Tahun Pajak, otomatis sudah terisi

3. NPWP, Nama WP, Jenis Usaha, otomatis sudah terisi

4. Isi nomor telpon (WAJIB)

5. Periode, otomatis sudah terisi


==========

Laporan Keuangan saya pilih tidak diaudit

Pada halaman INDUK, cukup itu saja yang diisi.

==========

Selanjutnya 

Pilih INDUK LANJUTAN

klik BUKA




==========

point nomor 14 dan 15, diisi nol 

seperti gambar


==========

point nomor 16 pilih tidak ada transaski

point nomor 17 pilih option B dan C saja.

seperti gambar



==========

Selanjutnya, scroll ke paling bawah

bagian Pernyataan


Kotak dialog berwarna merah wajib diisi.

Tanda tangan dapat diunggah dengan cara mengklik kotak dialog tanda tangan.

Seperti ini :



=========

Sebelum lanjut ke Lampiran 8

Persiapkan terlebih dahulu Laporan Keuangan Tahunan yang sudah dibuat.


Contoh Laporan Keuangan Tahunan seperti berikut :


Simpan file dalam bentuk pdf, dengan size MAX 20 Mb.

==========

Pilih LAMPIRAN 8A-6 NON KUALIFIKASI

klik BUKA



==========

Isi Elemen Neraca

Sesuaikan isian dengan Laporan Keuangan Tahunan, isi semua dan balance.


Yang diisi elemen neraca saja, 2 elemen lainnya tidak diisi atau dinolkan saja. Karena untuk elemen laba rugi, dilaporan tahunannya nol rupiah, jadi di lampiran 8A-6 dibuat nol.

==========

Jika sudah diisi semua, scroll ke atas, klik Sebelumnya.



==========

Pilih LAMPIRAN V

klik BUKA



==========

Isi daftar pemegang saham/pemilik modal


Disini saya nama Yayasan, karena yayasan saya statusnya wakaf, jadi tidak ada orang pribadi secara khusus yang menjadi pemodalnya.

Isiannya disesuaikan dengan kondisi masing-masing WP.


==========

Di bagian B Daftar Nama Pengurus masih kosong,

maka untuk mengisinya klik Tambah.


Nama pengurus yang diisi adalah nama pengurus yayasan.


Klik Tambah setiap kali ingin menambah daftar nama pengurus.

==========

Kembali ke Halaman Induk Lanjutan



Jika semua sudah diisi

Klik KIRIM


Selanjutnya :

Unggah Lampiran di kotak dialog yang berwarna merah.

Saya unggah Laporan tahunan keuangan, karena di point nomor 17 saya centang sebagai lampiran.


Unggah Laporan tahunan keuangan dalam bentuk pdf dengan size maksimal 40 MB.

Klik UNGGAH, cari file, sampai muncul nama File di kotak dialog


Kemudian scroll ke bawah

Isikan kode token/verifikasi, yang masuk ke email Anda dan dalam kondisi Online Anda dapat lapor SPT langsung dari e-form pdf dengan klik Submit.

INGAT YA,

INI WAJIB ONLINE!



Akan muncul kotak dialoh security warning


Klik ALLOW


Tunggu sampai proses pengiriman data selesai.

Setelah berhasil akan muncul kotak dialog Submit SPT berhasil.



Setelah notifikasi berhasil, tutup file pdf, kemudian Anda dapat melihat di inbox email untuk tanda terima dengan subjek [e-Form] Bukti Penerimaan Elektronik.



SELESAI....


==========

Sekali lagi saya beritahukan bahwa apa yang saya isi di SPT ini adalah sesuai dengan situasi dan kondisi saya.


Jika ada kendala dalam pengerjakan SPT, silahkan lakukan chat dengan Live Agent di pajak.go.id

Atau bisa menghubungi Kring Pajak

Atau menghubungi AR yang namanya tertera di akun djp Anda.


Terimakasih.


2 komentar:

  1. saya menemukan kendala ketika klik submit, muncul "problem connecting to the server"

    BalasHapus
    Balasan
    1. ijin bantu menjawab,
      Cobalah ganti ke laptop lain dengan OS Windows terbaru atau pinjam Macbook. Kebetulan kasus saya menggunakan windows 8, ketika file eform pdf saya buka menggunakan aplikasi Acrobat Reader versi terbaru di OS Macbook berhasil klik submit dan mendapatkan email "[e-Form] Bukti Penerimaan Elektronik"

      Hapus