Senin, 30 Maret 2015

Cara Mengembalikan Data Dalam Flashdisk Yang Berubah Menjadi Shortcut

Kebiasaan mencopy data-data untuk sekolah ke flashdisk dari laptop-laptop sana sini, pasti berakibat flashdisk akan terserang virus, atau flashdisk kita yang bervirus dibersihkan setuntas-tuntasnya oleh laptop yang anti-virus masih sehat, sehingga tak tersisa satu pun file di dalam flashdisk (kalau sudah begini, disitu kadang saya merasa sedih).


Pengalaman pribadi, yang paling sering terjadi adalah, file yang berada di dalam flashdisk berubah menjadi shortcut. Seperti begini :


Setelah baca-baca di internet ternyata penjahat yang satu ini adalah virus yang bernama win32.VB.pod. Biasanya dia menyerang Folder sehingga berubah menjadi shorcut atau file Microsoft Word (.doc) berubah menjadi application (.exe)

Awalnya saya menyangka kalau file atau folder kita dirusak ole virus shortcut tersebut. Padahal sebenarnya File atau Folder asli kita cuman di-hidden dan file-file virus tersebut merupakan file baru yang namanya sama dengan aslinya.  

Langkah awal, kita bisa memeriksa kapasitas yang ada di flashdisk kita dulu. Caranya :
1.     Klik kanan pada drive flashdisk anda, lalu pilih Properties

2.     Bandingkan kapasitas Free Space dan Used Space, jika Used Space lebih besar daripada Free Space tetapi file yang ada dalam flashdisk tidak sebanyak itu maka berbangga hatilah karena kemungkinan besar ada file masih dihidden, tetapi jika sebaliknya atau bahkan flashdisk kosong berarti file sudah hilang semua dan itu tidak bisa dikembalikan (kecuali menggunakan software file recover, tapi itu tidak menjanjikan karena belum dicoba) 


Jika file masih ada atau dihidden oleh virus win32.VB.pod, maka lakukan langkah berikut ini :

Masuk ke Command Prompt dengan cara klik Start lalu pilih Run 


kemudian dalam kotak run isi dengan CMD kemudian klik OK

Setelah jendela Command Prompt keluar maka selanjutnya tinggal ketikkan drive flashdisk anda diikuti dengan tanda : (titik dua), misalnya drive flashdisk ada di E maka anda ketikkan E: lalu tekan enter, atau jika di G maka G:  dan seterusnya.
Lalu tekan Enter



Selanjutnya akan muncul jendela berikut :

ketikkan dir kemudian tekan enter


Maka data serta file-file di dalam flashdisk akan terbaca semua


Jika sudah terlihat maka langkah selanjutnya adalah ketiklah: attrib –s –h –r /s /d 
(ingat…!!! ketik persis seperti disamping jangan lupa spasinya juga) 
klik enter


tunggu beberapa detik setelah muncul drive flashdisk pada jendela Command Prompt, maka proses pengembalian file atau folder telah selesai.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar