Minggu, 21 Juni 2015

Fakta Menakjubkan Seputar Hewan

Hewan-hewan yang sering kita lihat sehari-hari ternyata memiliki fakta-fakta menakjubkan yang tidak kita ketahui. Apa saja kah itu.....
cekidot....

1. LINTAH

Si Lintah ini ternyata mempunya 32 otak. 
Sebenarnya secara fisik Lintah hanya memiliki 1 otak, tetapi otak Lintah terbuat dari 32 ganglia, yang secara prakteknya sama saja seperti memiliki 32 otak.
Tidak hanya itu, Lintah juga ternyata memiliki 5 pasang mata dan 300 gigi.


2. ANJING

Anjing tidak bisa melihat TV lama, tetapi sekarang karena kemujan teknologi Anjing dapat melihat TV modern karena TV modern dilengkapi dengan lebih dari 70 frame perdetik. Tetapi Anjing tidak bisa melihat warna tersebut seperti yang manusia lihat, karena anjing hanya memiliki 2 reseptor warna (cone cell), sementara manusia memiliki 3.


3. HIU

Hiu dapat bereproduksi dengan tiga cara. Beberapa jenis hiu bertelur di laut (oviparity), beberapa jenis hiu mengandung anaknya dalam plasenta (viviparity), tetapi kebanyakan jenis hiu berkembang sebagai telur di dalam induknya sebelum menetas di dalam saluran telur sampai pada waktunya dan ketika mereka siap induk hiu melahirkan di laut (ovoviviparity).

Menurut studi yang diterbitkan Japanese Journal of Ichthyology hiu berjumbai mengandung anaknya selama kurang lebih 3,5 tahun. Spesies hiu ini tidak bertelur, melainkan langsung melahirkan anaknya.


4. PENYU 


Penyu adalah kura-kura laut yang ditemukan di semua samudera di dunia.
Penyu termasuk keturunan binatang purba yang sudah ada sejak akhir zaman Jura (145-208 juta tahun yang lalu) atau seusia dengan dinosaurus.

ada 7 jenis penyu, yaitu (1) penyu hijau, (2) penyu sisik, (3) penyu Kemp's ridley, (4) penyu lekang, (5) penyu belimbing, (6) penyu pipih, (7) penyu tempayan.
Dari ketujuh jenis penyu tersebut hanya penyu Kemp's ridley yang tidak ditemukan di Inonesia.

Penyu merupakan reptil yang bernapas dengan paru dan konon mampu hidup sampai usia 100 tahun (tergantung spesiesnya).

Ketika ingin bertelur penyu betina akan menuju ke daratan, penyu betina akan mencari daratan yang berpasir dan dengan suasana yang tidak bising dan tidak ada gangguan/ancaman (seperi manusia). Oleh karena itu penyu selalu bertelur pada malam hari.

Setelah menemukan tempat yang cocok (jika psirnya terlalu kering dan dirasa tidak cocok, maka penyu betina akan berpindah ke lokasi lain) penyu betina akan menggali lubang untuk tempat telurnya sedalam 30-60 cm. Tiap sarang bisa berisi 50-120 butir telur tergantung jenis penyunya.

Selanjutnya, penyu betina akan menutup lubang tersebut, dan kembali ke laut. Penyu tidak pernah mengermai telurnya, telur-telurnya ditimbun dalam lubang pasir dan akan menetas kurang lebih 3 bulan berikutnya. Oleh karena itu bayi penyu (disebut tukik) tidak pernah bertemu ibunya.

Jenis kelamin penyu ditentukan oleh suhu sarang, suhu yang hangat akan menghasilkan penyu betina, dan suhu yang relatif dingin akan menghasilkan penyu jantan.

Waktu yang dibutuhkan seekor penyu betina ketika ingin bertelur, sejak muncul dari laut hingga kembali ke laut lagi memerlukan waktu bervariasi sekitar 1-11 jam tergantung jenis penyu, tingkat gangguan yang dihadapi di pantai, serta kondisi fisik pantai.


5. KAMBING

Kambing memiliki pupil mata yang berbentuk segi empat. 

Hal ini yang menyebabkan kambing memiliki pandangan seluas 320 sampai 340 derajat. Ini artinya, kambing mampu melihat semua yang ada di sekelilingnya tanpa harus menengok kanan kiri layaknya manusia.

Dengan pupil segi empat, kambing bisa melihat lebih baik pada malam hari, karena pupilnya yang lebih lebar yang bisa menutup dengan baik pada siang hari untuk membatasi cahaya yang masuk. 

Bentuk pupil dengan celah horizontal seperti segi empat ini juga dimiliki oleh hampir semua hewan berkuku tunggal.


Nah....sekian fakta hewan yang saya post kali ini.
Anda masih bisa melihat fakta-fakta lainnya di sumber gambar-gambar dalam postingan ini yaitu di 

Terimakasih
^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar