Selasa, 09 Februari 2016

[NIT's] Bijak Sebagai Pengguna Internet

Bagaimana cara saya "menjadi tahu dari gak tau"?
Awalnya saya mendengar 1 kata yang ingin atau harus saya kerjakan, tapi saya gak tau gimana ngerjakannya, maka saya google (low budget dan hampir gak pake modal kalo pake wifi).

Selanjutnya, saya jadi tau memulai 1 kata menjadi beberapa hal.

Tapi saya gak berhenti sampai situ saja,

Saya ingin mengembangkannya menjadi lebih baik lagi kualitasnya, maka selain google (buku digital, low budget), saya membeli buku (pake budget tergantung bukunya).

Yap...modal saya hanyalah buku dan google,

Saya rasa dengan 2 modal itu, 1 kata tadi bisa menjadi berbagai hal.

Begitulah cara saya menjadi tau banyak hal yang saya gak tau sebelumnya.

Maka, dengan semakin maraknya kita yang pada pake smartphone, marilah kita memanfaatkan smartphone kita dengan sebaik-baiknya, jangan cuma dipake buat facebook, terus di facebook kerjaannya kalo gak mem-posting sesuatu yang narsis pasti mem-posting sesuatu yang galau.
Ada yah orang bisa nge-post foto mulai dari foto lagi kerja, arisan, rapat, pengajian,foto nostalgia masa lalu, foto-foto gak jelas lagi ngapain, sampe foto lagi ziarah ke kubur (bisa-bisanya dia gaya-gayaan di kuburan, udah macem kurang tempat buat mengeksrpresikan diri), terus fotonya dikasi caption “lagi galau”, “lagi menunggu yang gak pasti”, “mending narsis daripada bengong”, padahal yang di-post itu semua foto selfi -_-

Bukan berarti facebook itu gak baik, kalo kita mau ngulik-ngulik isi facebook, di facebook juga banyak ilmu yang bisa diambil, misalnya saja, di facebook ada banyak resep masakan (bisa jadi inspirasi buat kita yang pengen masak), ada banyak desain interior (bisa jadi inspirasi buat kita yang lagi pengen desain rumah), ada informasi tentang obat-obatan sampai informasi tentang artis dan berita terkini.

Tapi sebagai pengguna internet, kita harus pandai-pandai memilih situs, jangan asal percaya dengan suatu berita yang kamu baca ya… Apalagi berita penting seperti info pendaftaran CPNS atau berita-berita yang berbau SARA dan politik.

Tips dari saya,
Pertama, perhatikan dulu domainnya (contoh : dot-com, dot-co-id) soalnya saya sih ni ya...kalau masih berembel-embel bl*gsp*t-dot-com atau yang sejenisnya (domain gratisan) itu masih kurang akurat (apalagi kalau informasinya penting seperti informasi cpns), paling gak si pemilik blog bisa menginformaskan sumber dari beritanya tersebut.
Kedua, lakukan verifikasi, pastikan berita yang kamu baca ada dipublikasikan di situs yang lain, yah…paling tidak 3-4 situs yang berbeda perusahaan (1 perusahaan bisa memiliki beberapa situs, jadi isi beritanya biasanya sama).
Ketiga, jangan asal SHARE berita ya… misalnya kami baca berita suku kami dihina, terus emosi gak karuan, langsung di-share, eh…tau-tau ternyata berita di situs tersebut HOAX (berita palsu).
Kamu sadar gak kenapa banyak orang yang tertipu sama Calo CPNS?? 
Itu karena PERCAYA BERITA HOAX + KEPO = KETIPU.
Lebih bagus untuk informasi penting (kecuali politik dan sara, ini media sering tidak netral, maklum beberapa pemangku politik punya medianya sendiri-sendiri) share melalui website berita resmi seperti k*mpasdotcom, lip*tan*.com, atau d*tikdotcom, dan lain-lain, atau kalo info Pendaftaran CPNS langsung share dari website kementerian yang membuka lowongan.


Oke….marilah kita membuka wawasan seluas-luasnya melalui internet dan buku…


Terimakasih google, terimakasih para pengarang dan penerbit buku.


Thanks for reading…. ^-^
Ngoceh pagi-pagi habis lembur ngerjain EMIS
Saya masih bingung, judul tulisan ini cocok apa gak sama isinya hehehe....

Sumber foto : Line Webtoons – Hellper episode 4

Tidak ada komentar:

Posting Komentar