Sabtu, 18 Juni 2016

Cara Download Driver dan Software Canon (Printer/MP Navigator) melalui Google




Ketika beli printer baru, selang beberapa lama, saya, sering kehilangan CD Driver-nya. Biasanya karena dipinjam teman dan kemudian yang memimjam lupa mengembalikan dan saya pun lupa telah meminjamkan.

Nah, kalau sudah begitu, ketika perlu menginstall printer, saya kepo mencari si CD ini berada dimana. Dan setelah lelah mencari dan tidak ketemu juga, maka jalan terakhir adalah mendownload di Google.

Postingan kali ini hanya menjelaskan bagaimana caranya mendownload driver Canon melalui Google dari situs resminya.

Saya yakin, teman-teman di sana banyak sekali yang lihai mendownload ini itu di Google, seperti saya (hehehe belagu deh saya), tetapi ternyata teman-teman terdekat saya, yang agak-agak berumur dan sedikit gaptek, ketika ingin menginstall printer dan tidak memiliki CD driver-nya cuma kepo-kepo kebingungan gak nentu aja.


Oke, jadi begini caranya....


Buka Google

1. Buka Google dan isi keyword sesuai dengan driver yang dibutuhkan.


2. Karena kita tinggal di Asia, cari link Canon  Asia.
Tetapi sebenarnya bisa juga Canon US atau Canon yang mana aja, karena wilayah ini hanyalah untuk masalah bahasa saja.
Tapi kalau saya lebih suka ke Canon Asia, alasannya gak jelas :D


3. Setelah buka link Canon  Asia, dan di Home-nya masih menunjukkan Negara Asia tertentu, seperti Malaysia atau Singapur, seperti gambar


Scroll ke paling bawah, klik Other Canon sites in Asia



Maka kita akan beralih ke Canon South & Southeast Asia




Mendownload Driver di Canon Asia

1. Klik Support and Downloads



2. Pilih Product category



Pilih Jenis Printer Kepunyaanmu ya, karena pilihannya kategori produk Canon sendiri ada banyak, saya kan jelaskan 3 kategori saja yang paling kita butuhkan di madrasah/sekolah.
- Inkjet Printer, adalah printer dengan satu fungsi yaitu ngeprint, contohnya PIXMA iP2700.
- Inkjet Multifunctional Printers, adalah printer yang mempunya lebih dari satu fungsi, biasanya 3 in 1 (print-scan-copy) atau 4 in 1 (print-scan-copy-fax), contohnya  PIXMA MP140, PIXMA MP190, PIXMA MP280.
- Scanner, adalah mesin scan yang fungsinya hanya untuk men-scan.



Di sini saya mau mencontohkan mendowload driver PIXMA MP190.
PIXMA MP190 ini adalah jenis Printer 3 in 1, sehingga memiliki 2 driver, driver untuk print dan driver untuk scan.

Maka saya klik kategori Inkjet Multifunctional Printers

3. Pilih Product series


4. Pilih Model


Nama model tidak selalu tepat sama dengan tipe-nya.
Cari nama model yang serupa dengan tipe printernya, seperti MP190 nama model MP198, MP280 nama model MP287, MP140 nama model MP145.


4. Pilih Document type


Karena kita mau men-download driver dan software, maka pilih Driver & Software


Klik FIND


5. Pilih Drill Down
Pilih Downloads, cari windows yang kamu gunakan.


Pilih dan KLIK windows sesuai komputermu. Pastikan juga bit yang digunakan komputermu.



6. Pilih Driver & Software untuk PIXMA MP190



1. Driver/Software untuk MP Navigator (Scan)
2. Driver/Software untuk Printer


Anda bisa klik sesuai kebutuhan, dan klik DOWNLOAD



Begitu selesai di-donwload, bisa langsung di-install



Sekian dari saya 
^_^
Semoga membantu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar