Jumat, 07 Juli 2017

Bayar BPJS Online dari Rumah :: Cara Bayar BPJS di Tokopedia

Buat Kalian yang senasib dengan saya...
Pengguna mobile banking BNI, yang udah belasan kali di update tapi gak ada juga menu buat bayar BPJS. Heran!!!!



Males kan kalo harus ke ATM buat bayar BPJS, secara sebagai pengguna mobile banking tuh udah keenakan transaksi pake ketik-ketik doang.

Nah, ada pihak ketiga yang bisa membantu kita bayar BPJS cukup dari rumah, bayarnya cukup ketik-ketik sambil leyeh-leyeh.

Dia adalah TOKOPEDIA.


Yups....
Saya taunya hanya tokopedia doang sih... 
Mungkin aja ada lagi pihak ketiga yang lain.

Jadi, karena saya hanya pernah make tokopedia buat bayar BPJS, maka yang saya post hanya cara bayar BPJS di Tokopedia.

Ada 2 cara buat bayar BPJS di Tokopedia.
Cara 1 dari aplikasi Tokopedia.
Cara 2 dari website https://www.tokopedia.com/


Cara 1 :
Install aplikasi Tokopedia di Smartphone Anda. Gratis.


Jangan tanya kenapa 1 page di hp saya ini semua isinya toko online ya...


Buka aplikasi Tokopedia.
Pilih Beranda -> BPJS -> Kesehatan


Isi Nomor Kepesertaan BPJS dengan No. Kartu BPJS Anda.
Tentukan mau sampai berapa bulan (bulan ke berapa) anda mau bayar BPJS-nya. Bisa 1 bulan saja. Bisa sampai setahun juga kalo gak mau ribet bolak balik bayar.

Klik KESEHATAN jika ingin bayar BPJS Kesehatan, atau
Klik KETENAGAKERJAAN jika ingin bayar BPJS Ketenagakerjaan.



No. Kartu BPJS itu yang ini yaa...



Kalau sudah diisi, klik BELI.



Nanti akan muncul detail jumlah pembayaran.



Klik Lihat Detail



Oke, Bayar di Tokopedia kena BIAYA ADMIN Rp. 2500.

Eits....
Tapi jangan risau, di Tokopedia ada banyak voucher yang bisa digunakan kalau bela-beli di sini.

Kalian bisa lihat di menu PROMO.
Untuk pembayaran BPJS, terkadang ada voucher bebas biaya admin, atau cashback berapa ribu rupiah, atau potongan pembayaran 15-20 % gitu.

Nah, sampai sekarang ini, masih berlaku voucher bebas biaya admin, dengan kode BEBASADMIN.

Nah, ini saya kasih saran ya...
Mendingan pakai voucher potongan langsung, karena kalau dapat cashback itu uangnya gak bisa dicairikan, cuma bisa di pakai belanja lagi di Tokopedia.
Yah, tapi kalau anda memang berminat apalagi sering belanja di Tokopedia sih gak masalah dapat cashback.
Kalau saya sampai sekarang lebih suka pakai voucher Bebas Admin.

Cara pakai voucher-nya...
Klik gunakan kode voucher Tokopedia
Lihat gambar di bawah.


Klik Lanjut.


Kalau kamu punya Saldo di Tokopedia, kamu bisa langsung bayar pakai Saldo.
Tapi kalau gak punya saldo di Tokopedia, dan mau pake cara transfer bank, klik Tambah Metode Pembayaran.

Ada banyak pilihan pembayaran.
1. Transfer Bank.



Nah ini seperti transfer biasa ke Rekening Tokopedia.
Kalau pakai cara ini akan ada waktu verifikasi pembayaran  1×24 jam untuk pembayaran ke sesama bank. Atau 2×24 jam untuk pembayaran antar bank yang berbeda.

2. Virtual Account.



Nah ini sebenarnya seperti transfer biasa juga, hanya ke nomor virtual kita yang diberikan oleh tokopedia.
Kalau pakai cara ini tidak ada verifikasi pembayaran.
Dalam waktu sekitar 1 menit proses pembayaran langsung berhasil.

2. Virtual Account.



Nah ini sebenarnya seperti transfer biasa juga, hanya ke nomor virtual kita yang diberikan oleh tokopedia.
Kalau pakai cara ini tidak ada verifikasi pembayaran.
Dalam waktu sekitar 1 menit proses pembayaran langsung berhasil.

3. Pembayaran Instan.



Nah ini sebenarnya saya gak pernak make ini, soalnya saya hanya ada rekening BNI saja.
Bayar pakai cara ini maka  pembayaran akan langsung diverifikasi.

4. Kartu Kredit.



5. Gerai Retail.
Nah ini gak usah dipake metodenya.
Kalau ke gerai retail buat bayar BPJS ngapain pakai Tokopedia lagi. 
Yah langsung aja lah bayar BPJS di Indomaret, Alfamart, atau Kantor POS. Sama kok kena biaya admin 2500 juga.


Sekian penjelasan mengenai metode pembayaran di Tokopedia.


Kalau saya, back to topic, hanya punya rekening BNI, jadi saya selalu pakai metode pembayaran pakai Virtual Account.
Kenapa??
Sama aja kayak transfer. 
Gak pakai verifikasi pembayaran yang 1x24 jam.
Cukup transfer, 3-5 menit, berhasil.

Klik BNI Virtual Account


Klik Bayar

Selanjutnya, silahkan transfer ke Nomor Kode Unik Pembayaran yang diberikan Tokopedia.


Nanti akan masuk SMS ke HP Anda yang terdaftar di Tokopedia, omor Kode Unik Pembayaran.




Buka aplikasi BNI Mobile Banking.
 Login

Pilih TRANSFER ANTAR BNI

Setelah selesai, dan pembayaran berhasil, Anda akan mendapatkan SMS dan email notifikasi dari Tokpedia bahwa pembayaran BPJS Anda telah berhasil.






Cara 2 :
Masuk ke website Tokopedia
https://www.tokopedia.com/

Klik BPJS


Atau langsung masuk ke website ini
https://www.tokopedia.com/bpjs/


1. Klik BPJS
2. Klik KESEHATAN jika ingin bayar BPJS Kesehatan, atau
Klik KETENAGAKERJAAN jika ingin bayar BPJS Ketenagakerjaan.
3. Isi Nomor Kepesertaan BPJS dengan No. Kartu BPJS Anda.
No. Kartu BPJS itu yang ini yaa...


4. Tentukan mau sampai berapa bulan (bulan ke berapa) anda mau bayar BPJS-nya. Bisa 1 bulan saja. Bisa sampai setahun juga kalo gak mau ribet bolak balik bayar.

Klik BAYAR


Nah, kalau di website, kadang-kadang kode voucher otomatis mau muncul sendiri, tapi kadang-kadang gak.

Kalau otomatis muncul, bisa langsung klik GUNAKAN


Atau, kalau mau ganti dengan voucher yang lain, misalnya voucher bebas admin, bisa ganti dengan voucher yang lain.



Klik LANJUT



Karena saya memiliki saldo di Tokopedia, maka saya membayar menggunakan saldo tokopedia.



Klik Bayar.


Transaksi berhasil.

Nanti akan dapat SMS dan email notifikasi juga dari Tokopedia.


:: NOTE ::
1. Cara bayar baik melalui aplikasi dan website itu sama saja, hanya saja, kadang-kadang banyak promo dan voucher yang hanya berlaku kalau belanja pakai aplikasi.

2. Postingan ini TIDAK DISPONSORI OLEH TOKOPEDIA dan Bank BNI.

3. Kenapa saya capek-capek bikin tutorial ini yang mempromoin tokopedia? yah... saya mau bagi-bagi info yang saya tau aja sih... buat orang-orang yang mager kayak saya, saya harap info ini berguna 😄😄


Sekian & Terimakasih.

1 komentar:

  1. Assalamualaikum... Bismillahirahmanirrahim... senang sekali saya bisa menulis
    dan berbagi kepada teman2 melalui tempat ini,
    sebelumnya dulu saya adalah seorang pengusaha dibidang property rumah tangga
    dan mencapai kesuksesan yang luar biasa, mobil rumah dan fasilitas lain sudah saya miliki,
    namun namanya cobaan saya sangat percaya kepada semua orang,
    hingga suaatu saat saya ditipu dengan teman saya sendiri dan membawa semua yang saya punya,
    akhirnya saya menanggung hutang ke pelanggan-pelanggan saya totalnya 270 juta dan di bank totalnya 350 juta ,
    saya sudah stress dan hampir bunuh diri anak saya 3 orang masih sekolah di smp / sma dan juga anak sementara kuliah,tapi suami saya pergi entah kemana dan meninggalkan saya dan anak-anaknya ditengah tagihan hutang yang menumpuk,
    demi makan sehari hari saya terpaksa jual nasi bungkus keliling dan kue,
    ditengah himpitan ekonomi seperti ini saya bertemu dengan seorang teman
    dan bercerita kepadanya, alhamdulilah beliau memberikan saran kepada saya.
    dulu katanya dia juga seperti saya setelah konsultasi dengan Mbah Saroh hidupnya kembali sukses,
    awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama satu minggu saya berpikir
    dan melihat langsung hasilnya, `
    saya akhirnya bergabung di Program Pesugihan Putih Uang Gaib Tanpa Resiko dan semua petunjuk Mbah Saroh saya ikuti dan hanya 2 hari astagfirullahallazim,
    alhamdulilah demi allah dan anak saya,
    akhirnya uang gaib 1,5m yang saya mohonkan benar benar ada di tangan saya,
    semua hutang saya lunas dan sisanya buat modal usaha,
    kini saya kembali sukses terimaksih Mbah Saroh saya tidak akan melupakan jasa mbah. yakin dan percaya insya allah,
    saya sudah buktikan demi allah silakan kunjungi website di www.pesugihanputihuanggaib.xtgem.com atau KLIK DISINI



    BalasHapus