Selasa, 28 Oktober 2014

Aplikasi EMIS MTs

Tahun Pelajaran 2014/2015,
Semester Ganjil,

 Aplikasi EMIS MTs (rar)




Tips : 
Pastikan File rar yang diunduh sudah di extract, caranya klik kanan pada File rar Aplikasi Emis MTs, pilih "extract here"


1. menggunakan aplikasi ini, setting dulu bahasa (language) komputer/laptop ke bahasa inggris (english UK) dari control panel

2. Samakan nama madrasah yang diketik di Profil (pada aplikasi) dengan yang diketik di format ms.excel
misal : Al-Ittihadiyah Laut Dendang ---> Al Ittihadiyah Laut Dendang    --->
Al-Ittihadiyah L. Dendang (atau lain semacamnya)
maka jika dalam penulisan tidak sama, file ms.excel yang diungggah (upload) pasti akan tidak tervalidasi, akan merah dikolom nama madrasah

3. Pada folder, Aplikasi MTs, pilih seperti yg saya blog pada gambar di bawah (karena itu aplikasi tempat kita mengerjakan data emis)

4. Username : adalah nomor NSM madrasah, password : lembaga

5. Pada tab : profil, sarpras, rekap ptk, rekap siswa, diisi manual (langsung diisi pada aplikasi), jangan lupa klik simpan ya....

6a. Pada tab : detail ptk, detail siswa, cara uploadnya klik button yang "..." 


6b. cari file yang mau diunggah, nah, kalo gak keliatan filenya, klik bagian yang saya lingkari seperti gambar di bawah, pilih saja antara yang 2007 atau yang 2010

klik open
kemudian  lihat gambar pada langkah 6a. klik proses

7. kalau ada file yang gagal tervalidasi, lihat di tab yang saya lingkari dengan lingkaran merah
nanti akan terlihat kolom yang berwarna merah, nah kolom tersebut adalah input data yang salah, perbaiki file excel nya, kemudian klik hapus, ulangi langkah meng-upload data kembali (langkah 6)


8. hal sama juga dilakukan untuk meng-upload data pada detail siswa dan lulusan.

9. klik backup, untuk melihat apakah data yg kita upload susah sesuai dengan rekap ptk dan rekap siswa. jika NOT VALID perbaiki, jika sudah VALID, klik button proses.



 10. kalo sudah selesai, kembali ke folder Aplikasi MTs, lihat folder backup
 di folder backup tersebutlah tersimpan semua file yang sudah kita backup dari aplikasi, dan file tersebutlah yang akan kita kirimkan ke staf penmad deli serdang.



Jika pada kolom NISN atau Nomor Kartu Keluarga (pada file di ms.excel) masih kosong, dalam artiannya data tersebut belum diterbitkan pihak berwenang (misal : NISN kelas 1 MI pastinya belum terbit), tidak apa jika dikosongkan. Aplikasi/proses upload file ms.excel tidak akan mengalami kendala.

Dan saya rasa, kekurangan dari aplikasi ini adalah kurangnya fasilitas "CETAK". Karena jika ada fasilitas untuk cetak file, seperti aplikasi DPUN SMP/MTs, pastinya proses mencetak jauh lebih mudah daripada harus mencetak melalui file ms.excel.
 
Sekian tips dari saya, jika amasih ada kendala, silahkan langsung koordinasi ke staf penmad ya...
terima kasih
Wassalamu'alaikum wr.wb


Sumber : Pengalaman Pribadi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar